Jumat, 06 Februari 2009

DPC PPCI Tangerang





I. LATAR BELAKANG

Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (DPC PPCI) Kota Tangerang terbentuk pada tanggal 25 Juli 2007 berdasarkan SK-DPD-PPCI Propinsi Banten No. 0.003/DPD-PPCI-BTN/VII/2007 dan kemudian dikukuhkan pada tanggal 11 September 2007 oleh Pemerintah Daerah dan Pusat. Keberadaan PPCI Kota Tangerang diharapkan dapat membantu program pemerintah dalam memperjuangkan hak-hak penyandang cacat sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No.4 Tahun 1997 tentang penyandang cacat dan PP No.43 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Sosial bagi penyandang cacat khususnya yang berada di kota Tangerang. Berdasarkan data BPS tahun 2002, jumlah penyandang cacat di Indonesia telah mencapai 3,1% dari jumlah penduduk Indonesia yakni 6 juta jiwa. Jumlah ini senantiasa bertambah banyak sebagai akibat dari bertambahnya penduduk miskin di Indonesia, bencana alam, kecelakaan kendaraan bermotor dan penyakit degeneratif.


II. TUJUAN

Tujuan PPCI Kota Tangerang adalah menjadi tempat perkumpulan bagi para penyandang cacat, untuk mengarahkan mereka supaya lebih bisa hidup mandiri (tidak bergantung pada yang lain) dan dapat mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki dengan mengadakan pelatihan-pelatihan ketrampilan kerja. Sebagian besar dari penyandang cacat di Indonesia mengalami banyak hambatan dalam menunaikan tugas sehari-hari. Para penyandang cacat masih tersisihkan di masyarakat karena belum mendapatkan kesempatan yang sama dalam bidang pendidikan, pelatihan dan pelayanan kesehatan. Kondisi ini dipersulit dengan keterbatasan fisik yang dialami serta keadaan ekonomi yang masih terbatas. Apabila keadaan ini dibiarkan lambat laun para penyandang cacat tersebut akan menjadi beban sosial yang luar biasa di masa depan. Beban sosial yang akan timbul dari para penyandang cacat yang tidak mandiri dan bergantung kepada bantuan orang lain. Ketidakmandirian penyandang cacat akan membebankan keluarga, masyarakat dan negara sehingga sudah sewajarnya para penyandang cacat bangkit bersatu untuk bersama-sama berjuang menjadi sosok manusia yang soleh, berakhlak mulia dan mandiri baik secara sosial dan ekonomi.
Situasi dan kondisi ini telah memberikan dorongan dan semangat untuk menyatukan para penyandang cacat dalam sebuah wadah berbentuk organisasi untuk saling tolong menolong dan memperjuangkan suatu kehidupan yang lebih baik di masa depan. Latar belakang inilah yang melandasi semangat untuk mendirikan PPCI Kota Tangerang.
PPCI Kota Tangerang merupakan suatu organisasi yang berdiri bernaung di bawah PPCI Propinsi Banten. Oleh karena itu AD dan ART senantiasa mengacu kepada PPCI Propinsi dan PPCI Pusat di Jakarta.

SUSUNAN PENGURUS

KETUA      : ABDUL KODIR

SEKRETARIS : ZULFAN DEWANTARA
BENDAHARA  : ELVIRA SAJUTI

Tidak ada komentar: